Kisi-kisi SKD Sekolah Kedinasan 2023

Semua pejuang Sekolah Kedinasan yang ingin mendaftar harus siap untuk mengikuti tes SKD. Seleksi Kompetensi Dasar atau SKD merupakan salah tes wajib bagi seluruh pejuang Sekolah Kedinasan untuk dapat lanjut ke tahapan seleksi berikutnya. Tahapan SKD ini juga paling banyak membuat pejuang Sekolah Kedinasan gagal untuk dapat lanjut ke tahap seleksi berikutnya. Maka dari itu persiapkan SKD secara matang yaa!

Perlu diketahui bahwa kisi-kisi SKD seko kedinasan 2023 terdiri dari kisi kisi soal TWK (Tes Wawasan Kebangsaan), kisi kisi soal TIU (Tes Inteligensia Umum), dan kisi kisi soal TKP (Tes Karakteristik Pribadi).

Passing Grade SKD Sekolah Kedinasan 2023

Sebelum mulai menyebutkan Kisi-kisi SKD Kedinasan, perlu diketahui terlebih dahulu passing grade yang ditetapkan. Passing grade sendiri merupakan istilah untuk nilai paling rendah yang harus dicapai oleh seluruh peserta dari tiga materi soal tes (TWK, TIU, dan TKP) pada Tes Seleksi Kemampuan Dasar (SKD).

Agar lebih jelas, berikut detail passing grade yang ditetapkan :

  1. Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) : Nilai yang harus dicapai minimal 65.
  2. Tes Intelegensi Umum (TIU) : Nilai yang harus dicapai minimal 80.
  3. Tes Karakteristik Pribadi (TKP) : Nilai yang harus dicapai minimal 156.

Sedangkan jumlah soal yang akan diberikan pada tes SKD Sekolah Kedinasan 2023 ini sebagai berikut :

  • Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) terdiri dari 30 Soal.
  • Tes Intelegensi Umum (TIU) terdiri dari 35 Soal.
  • Tes Karakteristik Pribadi (TKP) terdiri dari 45 Soal.

Detail Kisi-kisi Soal SKD Sekolah Kedinasan

Jika Anda ingin mengetahui kisi-kisi soal SKD kedinasan tahun 2023, simak detail ulasannya di bawah ini :

1. Kisi kisi Soal TWK Sekolah Kedinasan

Soal atau tes yang akan diberikan mencakup beberapa hal di bawah ini :

  • Nasionalisme : Memiliki kemampuan untuk mewujudkan kepentingan nasional, yang didapatkan melalui cita-cita dan tujuan yang sama. Namun semua itu dilakukan dalam keadaan senantiasa mempertahankan identitas nasional.
  • Bela Negara : Mampu untuk senantiasa berperan aktif mempertahankan eksistensi bangsa dan negara.
  • Integritas : Mampu untuk senantiasa menjunjung tinggi nilai kejujuran, komitmen, ketangguhan, serta konsistensi dalam satu kesatuan sikap dalam rangka mencapai tujuan nasional.
  • Pilar Negara : Mampu membentuk karakter positif yang didapatkan dari pemahaman dan pengamalan terhadap nilai-nilai dalam Pancasila, UUD RI 1945, NKRI, serta Bhinneka Tunggal Ika.

2. Kisi kisi Soal TIU Sekolah Kedinasan

Soal atau tes yang akan diberikan mencakup beberapa hal di bawah ini :

  • Kemampuan Figural : Mencakup analogi gambar, ketidaksesuaian, dan serial.
  • Kemampuan Verbal : Mencakup analogi, silogisme, dan analitis.
  • Kemampuan Numerik : Mencakup berhitung, soal cerita, deret angka, dan perbandingan.

3. Kisi kisi Soal TKP Sekolah Kedinasan

Soal atau tes yang akan diberikan mencakup beberapa hal di bawah ini :

  • Pelayanan Publik : Mampu untuk senantiasa menampilkan perilaku keramahtamahan ketika bekerja secara efektif agar kebutuhan dan kepuasan orang lain bisa terpenuhi, berdasarkan tugas dan wewenang yang dimiliki.
  • Sosial Budaya : Mampu untuk beradaptasi dan bekerja secara efektif di tengah-tengah masyarakat majemuk, yang terdiri dari beragam agama, suku, budaya, dan yang lainnya.
  • Jejaring Kerja : Mampu untuk senantiasa membangun dan membina hubungan, bekerja sama, serta berbagi informasi maupun berkolaborasi dengan orang lain secara efektif.
  • Teknologi informasi dan komunikasi : Mampu memanfaatkan secara efektif teknologi informasi yang ada dalam rangka meningkatkan kinerja.
  • Anti radikalisme : Mendapatkan dan menjaring informasi dari individu terkait pengetahuan yang dimilikinya seputar anti radikalisme, kecenderungan bersikap dan bertindak ketika menanggapi stimulus dengan beberapa alternatif situasi.
  • Profesionalisme : Mampu untuk mengerjakan tugas dan fungsi berdasarkan tuntutan jabatan yang dipegangnya.

Demikianlah informasi mengenai kisi-kisi soal SKD kedinasan tahun 2023. Tentunya kisi-kisi ini bisa menjadi gambaran bagi Anda yang berencana ingin mengikuti ujian SKD pada tahun mendatang.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *